TAHAPAN PTK
TAHAP PENELITIAN TINDAKAN
TAHAP PERENCANAAN
HARUS MENGUNGKAP TENTANG APA, MENGAPA,KAPAN,DIMANA,DAN BAGAIMANA TINDAKAN DILAKUKAN.PENELITIAN TINDAKAN YANG IDEAL DILAKUKANSECARA BERPASANGAN ANTARA PIHAK YG MELAKUKAN TINDAKAN DAN YANG MENGAMATI PROSES JALANNYA TINDAKAN.
TAHAP PELAKSANAAN TINDAKAN
IMPLEMENTASI/PENERAPAN RANCANGAN DI DALAM KANCAH,YAITU MENGENAKAN TINDAKAN DI KELAS
TAHAP PENGAMATAN
SEBAIKNYA PENGAMATAN DILAKSANAKAN BERSAMAAN DG PELAKSANAAN
TAHAP REFLEKSI
MENGEMUKAKAN KEMBALI,APA YG SUDAH BAIK DAN BAGAIN MANAYANG BELUM
KEEMPAT TAHAP TSB DLM PENELITIAN PTK MERUPAKAN SATU SIKLUS
SASARAN/OBYEK PTK
OBYEK PENELITIAN TINDAKANKELAS HARUS MERUPAKAN SESUATU YANG AKTIF DAN DAPAT DIKENAI AKTIVITAS,BUKAN OBYEK YANG SEDANG DIAM DAN TANPA GERAK
TAHAP PERENCANAAN
HARUS MENGUNGKAP TENTANG APA, MENGAPA,KAPAN,DIMANA,DAN BAGAIMANA TINDAKAN DILAKUKAN.PENELITIAN TINDAKAN YANG IDEAL DILAKUKANSECARA BERPASANGAN ANTARA PIHAK YG MELAKUKAN TINDAKAN DAN YANG MENGAMATI PROSES JALANNYA TINDAKAN.
TAHAP PELAKSANAAN TINDAKAN
IMPLEMENTASI/PENERAPAN RANCANGAN DI DALAM KANCAH,YAITU MENGENAKAN TINDAKAN DI KELAS
TAHAP PENGAMATAN
SEBAIKNYA PENGAMATAN DILAKSANAKAN BERSAMAAN DG PELAKSANAAN
TAHAP REFLEKSI
MENGEMUKAKAN KEMBALI,APA YG SUDAH BAIK DAN BAGAIN MANAYANG BELUM
KEEMPAT TAHAP TSB DLM PENELITIAN PTK MERUPAKAN SATU SIKLUS
SASARAN/OBYEK PTK
- PTK HARUS TERTUJU ATAU MENGENAI HAL-HAL YANG TERJADI DI DALAM KELAS.
- KELAS TIDAK HANYA TERBATAS PADA KELAS YANG SEDANG AKTIF BELAJAR DI RUANG TERTUTUP,TAPI DAPAT JUGA KETIKA SISWA TIDAK AKTIF BELAJAR(DI LABORATORIUM,DI OBYEK WISATA,SISWA SEDANG MENGERJAKAN TUGAS GURU,ATAU DI TEMPAT LAIN) (SUHARSIMI ARIKUNTO.2004:9)
OBYEK PENELITIAN TINDAKANKELAS HARUS MERUPAKAN SESUATU YANG AKTIF DAN DAPAT DIKENAI AKTIVITAS,BUKAN OBYEK YANG SEDANG DIAM DAN TANPA GERAK
- UNSUR SISWA(KETIKA SISWA MELAKUKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN )
- UNSUR GURU(KETIKA MELAKUKAN PEMBELAJARAN)
- UNSUR MATERI PELAJARAN(KETIKA GURU SEDANG MENGAJAR ATAU SEBAGAI BAHAN YG DITUGASKAN KEPADA SISWA)
- UNSUR PERALATAN/SARANA PENDIDIKAN/MEDIA.
- UNSUR HASIL PEMBELAJARAN.
- UNSUR LINGKUNGAN (MENGUBAH KONDISI LINGKUNGAN)
- UNSUR PENGELOLAAN(METODE MENGAJAR)
- ISI USULAN PTK;
- I . JUDUL
- II. PENDAHULUAN
- A.LATAR BELAKANG MASALAH
- B.RUMUSAN MASALAH
- C.TUJUAN PENELITIAN
- D. MANFAAT HASIL PENELITIAN
- III. KAJIAN TEORETIK DAN HIPOTESIS TINDAKAN
- IV.RANCANGAN PENELITIAN
- V.RENCANA ANGGARAN
- VI JADWAL PENELITIAN
- DAFTAR PUSTAKA
- LAMPIRAN/HAL LAIN YANG DIANGGAP PERLU
( agus.3108 )
No comments:
Post a Comment
Thank's for yours comment !