A. VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN
“OPTIMAL
DALAM PRESTASI, TERAMPIL DALAM KARYA DAN BUDAYA, BERWAWASAN IPTEK, BERLANDASKAN
IMTAQ”
Indikator :
1. Terwujudnya pembelajaran dan
bimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan potensi akademik yang dimiliki
siswa
2. Terwujudnya siswa yang dapat
mengenali potensi dirinya agar dapat berkomunikasi dengan baik
3. Terwujudnya perkembangan seni
dan budaya bangsa bagi warga sekolah
4. Terwujudnya budaya kompetitif
bagi siswa dalam upaya peningkatan keterampilan
5. Terwujudnya penghayatan
terhadap ajaran agama yang dianut bagi warga sekolah
6. Terwujudnya sikap dan perilaku
yang santun, dan memiliki budi pekerti yang luhur bagi warga sekolah
7. Terwujudnya lingkungan sekolah
yang tertib, bersih dan indah
8. Terwujudnya kepercayaan
masyarakat terhadap sekolah.
B. MISI SEKOLAH
1. Mewujudkan pembelajaran dan
bimbingan yang efektif untuk mengoptimalkan potensi akademik yang dimiliki
siswa
2. Mewujudkan siswa yang dapat
mengenalo potensi dirinya agar dapat berkomunikasi dengan baik
3. Mewujudkan perkembangan seni dan
budaya bangsa bagi warga sekolah
4. Mewujudkan budaya kompetitif
bagi siswa dalam upaya peningkatan keterampilan
5. Mewujudkan penghayatan terhadap
ajaran agama yang dianut bagi warga sekolah
6. Mewujudkan sikap dan perilaku
yang santun, dan memiliki budi pekerti yang luhur bagi warga sekolah
7. Mewujudkan lingkungan sekolah
yang tertib, bersih dan indah
8. Mewujudkan kepercayaan
masyarakat terhadap sekolah.
C. TUJUAN SEKOLAH
Mengingat visi merupakan tujuan
jangka panjang maka tujuan yang akan dicapai selama 5 tahun mendatang adalah:
Pada akhir tahun pelajaran
2011/2012:
1. Memenuhi kebutuhan pelaksanaan
pembelajaran dan bimbingan yang efektif untuk mengoptimalkan potensi akademik
yang dimiliki siswa
2. Memenuhi kebutuhan siswa untuk
dapat mengenali potensi dirinya agar dapat berkomunikasi dengan baik
3. Memenuhi kebuthan untuk
mengembangkan seni dan budaya bangsa bagi warga sekolah
4. Memenuhi kebutuhan untuk
menumbuhkan budaya kompetitif bagi siswa dalam upaya peningkatan keterampilan
5. Memenuhi kebutuhan untuk
meningkatkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut bagi warga sekolah
6. Memenuhi kebutuhan untuk sikap
dan perilaku yang santun, dan memiliki budi pekerti yang luhur bagi warga
sekolah
7. Memenuhi kebutuhan untuk
menciptakan lingkungan sekolah yang tertib, bersih dan indah
8. Memenuhi kepercayaan masyarakat
terhadap sekolah.
D. PROGRAM STRTEGIS DALAM
PENCAPAIAN TUJUAN SEKOLAH
1. Pengembangan sistem pelaksanaan
pembelajaran dan bimbingan yang efektif untuk mengoptimalkan potensi akademik
yang dimiliki siswa
2. Pengembangan sistem yang mendorong
siswa untuk dapat mengenali potensi dirinya agar dapat berkomunikasi dengan
baik
3. Pengembangan sistem untuk
mengembangkan seni dan budaya bagi warga sekolah
4. Pengembangan sistem untuk
menumbuhkan budaya kompetitif bagi siswa dalam upaya peningkatan keterampilan
5. Pengembangan sistem untuk
meningkatkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut bagi warga sekolah
6. Pengembangan sistem untuk
menumbuhkan sikap dan perilaku yang santun, dan memiliki budi pekerti yang
luhur bagi warga sekolah
7. Pengembangan sistem untuk
menciptakan lingkungan sekolah yang tertib, bersih, dan indah
8. Pengembangan sistem untuk
meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah
E. PROGRAM STRATEGIS
1. Menjalin kerjasama dengan
Komite Sekolah, Pemerintah dan Stakeholder lainnya untuk Pemberdayaan
pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan yang efektif untuk mengoptimalkan
potensi akademik yang dimiliki siswa
2. Menjalin kerjasama dengan
Komite Sekolah, Pemerintah dan Stakeholder lainnya untuk mendorong siswa
mengenali potensi dirinya agar dapat berkomunikasi dengan baik
3. Menjalin kerjasama dengan
Komite Sekolah, Pemerintah dan Stakeholder lainnya untuk mengembangkan seni dan
budaya bangsa bagi warga sekolah
F. HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Terealisasinya sistem
pendidikan yang mengarah pada prestasi sekolah/ lulusan berstandar Nasional
2. Terealisasinya pengembangan SKL
/ Kurikulum berstandar Nasional
3. Teralisasinya peningkatan
proses pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan berstandar Nasional
4. Terealisasinya peningkatan
sumber daya manusia (SDM) berstandar Nasional
5. Terealisasinya peningkatan
sarana prasarana berstandar nasional
6. Terealisasinya peningkatan
manajemen sekolah berstandar nasional
7. Terealisasinya pembiayaan
berstandar nasional
8. Terealisasinya peningkatan
sistem penilaian berstandar nasional
(
Diposkan oleh : agus.3108 )
RENCANA STRATEGIS ( RENSTRA )
RENCANA OPERASIONAL ( RENOP )
SMP Negeri 2 Suruh lokasi di Jl. Salatiga-Dadapayam Km.11
Desa Cukilan, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jumlah siswa masuk rata-rata per tahun 160 siswa ( 5 kelas ). Saat ini memiliki 15 kelas ( kelas 7, 8, 9 masing-masing 5 kelas ). Memiliki 1 laboratorium IPA, 1 laboratorium bahasa, 1 lab. komputer ( 20 unit ), 1 gedung perpustakaan, 1 ruang aula ( gedung pertemuan ), 1 buah musholla. Mempunyai 450 siswa pada tahun ajaran 2012/2013 dengan 26 guru.