6/16/2010

Energi Matahari

Sinar matahari adalah energi yang mungkin paling melimpah di muka bumi ini. Tetapi sebagian besar sinar matahari yang melimlah tersebut belum banyak yang dimanfaatkan, terutama untuk tenaga listrik. Beaya yang mahal dan minimnya pengetahuan tentang proses pembuatan pembangkit listrik tenaga sinar matahari merupakan kendala utama, mengapa jarang sekali yang menggunakannya.
Sebenarnya untuk daerah yang kaya akan sinar matahari ( daerah tropis ), tetapi terletak di daerah terpencil yang jauh dari jangkauan jaringan listrik PLN patut untuk mencoba. Walaupun investasi awal cukup mahal, tetapi nilai manfaatnya jauh lebih besar.
Secara teknis prinsip kerja Pembangkit Listrik Tenaga Sinar Matahari adalah sebagai berikut :
Mula-mula sinar matahari ditangkap oleh "solar sel" berupa kepingan-kepingan silikon yang disusun sedemikian rupa ( seri, paralel atau kombinasi keduanya ), sehingga antara ujung-ujung "solar sel" tersebut dapat menghasilkan beda potensial / tegangan listrik dan menghasilkan aliran arus listrik. Aliran arus listrik tersebut kenudian dialirkan ke akumulator ( aki ) untuk disimpan dalam bentuk energi kimia. Karena energi listrik tersimpan dalam bentuk energi kimia di dalam aki, maka kita dapat menggunakan energi listrik tersebut siang maupun malam hari. Untuk keperluan alat-alat rumah tangga maka tegangan dari akumulator ( aki ) harus disesuaikan dulu dengan tegangan alat-alat listrik rumah tangga melalui alat pengubah tegangan dan pengubah arus. Yaitu mengubah tegangan rendah ( 6-12 volt ) arus searah menjadi tegangan 220 volt arus bolak-balik.
Mau mencoba ? Selamat berbekerja !

Oleh : agus.3108

No comments:

Post a Comment

Thank's for yours comment !